Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran harga pokok kamar hotel dengan menggunakan Metode Activity Based Costing dan perbedaannya dengan harga pokok yang dihitung berdasarkan metode tradisional menggunakan alat statistik Paired T-Test. Penelitian dilakukan di Hotel Sofyan Betawi yang terletak di Jalan Cut Mutia No. 9, Menteng, Jakarta Pusat Dengan menggunakan metode ABC, har…
Indonesia merupakan negara yang kaya akan berbagai macam jenis makanan tradisional. Citarasanya yang khas dan lezat layaknya bisa menjadi modal besar untuk menjadikan makanan tradisonal mampu bersaing dengan makanan moderen. Atas dasar pemikiran tersebut, maka makanan siap saji gepuk dapat dirancang menggunakan konsep bisnis model kanvas yang difokuskan pada elemen customer segmentati…
Sebagai Negara yang merupakan konsumen bahan makanan terbesar di Asia Tenggara. Indonesia mampu meningkatkan produktifitas dan profesionalitas kerja produk pangan dalam negeri. Dengan peluang tersebut, maka akan disayangkan jika pengelolanya tidak diproduktifkan. Dengan membuka bisnis kuliner rumah makan khas Indonesia merupakan salah satu cara untuk menentukan makanan tradisional Ind…
Bisnis kuliner di Indonesia terus mengalami perkembangan terutama di era modern saat ini bisnis kuliner menjadi suatu hal yang bersifat kekinian. Salah satu kuliner yang menjadi pencerminan budaya dan tradisi dari kepulauan nusantara serta memegang posisi penting dalam budaya indonesia yaitu kuliner tradisional. Ragam kuliner tradisional Indonesia dari segi penyebaran dan pelestariannya…
Indonesia merupakan Negara dengan jumlah kuliner terbanyak, kuliner tradisional Indonesia merupakan bagian dari budaya layaknya tarian daerah maka dari itu perlu dilestarikan dan dipopulerkan ke mancanegara. Permasalahan yang terjadi pada pertumbuhan pasar streetfood tradisional Indonesia khususnya masakan nasi pecel terletak pada orisinalitas tanpa inovasi dan terkesan kuno dan membo…
Penelitian ini mempunyai tujuan menganalisis relevansi antara rasio kinerja keuangan kontemporer dan rasio kinerja keuangan tradisional pada perusahaan-perusahaan yang terdaftar di (indeks Saham Syariah Indonesia) ISSI. Tujuan selanjutnya menganalisis relevansi nilai kinerja keuangan pada sektor jasa dan manufaktu perusahaan ISSI. Penelitian ini menggunakan model relevansi Ohlson. Pen…
Sate maranggi merupakan makana tradisional dari daerah Jawa Barat dimana makanan ini memiliki rasa yang sangat berciri khas dan melegenda.Sate maranggi dikenal berasal dari 2 daerah di Jawa Barat yaitu Purwakarta dan Cianjur yang mana ketika mereka berkunjung ke suatu tempat didekat daerah tersebut pasti akan mengunjungi rumah makan yang menyediakan sate maranggi.Seiring berkembangnya…
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan prinsip maqashid syariah dalam pengembangan toko ritel tradisional Toko Ndari menggunakan perspektif maqashid syariah Imam Al-Ghazali. Penulisan skripsi yang ditulis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan empiris, yaitu dengan meninjau langsung bagaiamana penerapan yang terjadi di lapangan. Datadata yang pe…
Makanan merupakan,,kebutuhan paling dasar dan utama bagi setiap makhluk hidup yang sifatnya naluriah, tetapi jenis makanan apa yang layak dan tidak layak dimakan, cara mengolah, menyajikan, fungsi dan perilaku makannya adalah termasuk dalam lingkup kebudayan.Di provinsi Riau, memiliki aneka kuliner tradisional yang dijamin lezat dan nikmat, Pada umumnya masakan khas menjadi makanan suguhan…
Indonesia merupakan pasar yang yang potensial untuk mengembangkan berbagai jenis bisnis. Hal ini dapat terlihat dari jumlah penduduk yang terus meningkat setiap tahunnya. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun (2020), jumlah penduduk Indonesia mencapai 270.200.000. dengan begitu manusia perlu memenuhi kebutuhan untuk dikonsumsi, manusia tidak lepas dari tiga macam komponen prim…