Electronic Resource
Karakteristik Muslim Millennial Travel Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Pariwisata Halal Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak
langsung beberapa variabel, yakni Authentic/Otentik, Affordable/terjangkau,
Accessible/dapat diakses, Halal Awareness dan minat berkunjung terhadap
keputusan berkunjung secara sendiri-sendiri dan secara bersama-sama. Sampel
yang digunakan dalam penelitian adalah 100 responden. Data dalam penelitian ini
dikumpulkan menggunakan kuesioner dan menggunakan metode path analysis
(analisis jalur) dan pendekatan kuantitatif, pengelolaan data dan uji dalam
penelitian ini menggunakan program SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa authentic/otentik,
affordable/terjangkau, dan minat berkunjung berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan berkunjung. Karena sebagian besar dari milenial
mempertimbangkan keotentikan suatu destinasi (makanan, jadwal perjalanan, dll).
Dan karena milenial pada umumnya belum memiliki pemasukan yg cukup
membuat mereka mempersiapkan dengan matang biaya sebelum berpergian,
mereka cenderung tertarik pada objek wisata yang unik, mewakili gaya mereka
dalam berwisata dan murah. Sementara itu, variabel accessible/dapat diakses dan
minat berkunjung berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan
berkunjung milenial di Jabodetabek terhadap pariwisata halal Jakarta. Hasil uji
signifikansi pengaruh tidak langsung menunjukkan adanya pengaruh tidak
langsung dari variabel Accessible/dapat diakses, dan Halal Awareness terhadap
keputusan pembelian melalui minat berkunjung secara signifikan. Semua variabel
independen berpengaruh secara bersama-sama terhadap minat bekunjung
No other version available