Electronic Resource
Pengaruh Pengalaman Pengguna Terhadap Loyalitas Penggunaan Pada Jejaring Sosial Twitter Di Indonesia
Penelitian ini didasari meningkatnya pengguna internet, terutama media sosial. Twitter adalah salah satu media sosial yang populer di Indonesia. Twitter telah
mengalami peningkatan pengguna di 2013, pada saat yang sama, pengguna Facebook
menurun. Namun, setelah peningkatan pengguna pada 2013, pengguna Twitter
menurun dan meningkat lagi pada akhir 2018. Penelitian ini mengkaji pengaruh
pengalaman pengguna terhadap loyalitas pengguna Twitter di Indonesia. Setelah
tinjauan literatur dan perumusan hipotesis, data dikumpulkan melalui kuesioner dari
392 pengguna Twitter aktif yang membuat akun mereka sebelum 2018. Kemudian, hasil data yang diperoleh diproses secara deskriptif serta beberapa pengujian dan
melalui analisis jalur. Dari penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa
pengguna Twitter di Indonesia didominasi oleh wanita. Kisaran pengguna berasal dari
remaja hingga dewasa muda. Sedangkan dari media sosial lain yang dimiliki, didominasi oleh kepimilikan Instagram. Responden rata-rata membuat akun pada
2011-2014. Dan pengguna Twitter, didominasi oleh pengguna Android. Dari hasil uji
hipotesis, disimpulkan bahwa variabel pengalaman pengguna memiliki pengaruh
positif dan signifikan terhadap variabel loyalitas pengguna melalui kepuasan sebagai
variabel mediator. Ini menggambarkan bahwa pengguna Twitter mendapatkan
pengalaman yang baik sehingga berdampak pada kepuasan dan menghasilkan
loyalitas. Namun, dari hasil r kuadrat, variabel ini tidak berkontribusi dampak besar. R squared yang didapatkan hanya sebesar 33,1% dan 38,5%.
No other version available