Electronic Resource
Pengaruh Influencer Marketing, Online Customer Review, dan Rating Terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Fashion di Shopee: Studi Kasus Pengguna Aplikasi Shopee di Provinsi Riau
Seiring dengan berjalannya waktu, terdapat peningkatan belanja online warga Indonesia. Hal ini didukung oleh perkembangan teknologi dan internet. Sebelumnya, warga Indonesia rata-rata berbelanja online sebulan sekali, namun pada tahun 2023 frekuensi warga Indonesia untuk berbelanja online menjadi seminggu sekali. Peningkatan frekuensi belanja tersebut menunjukkan bahwa belanja online semakin digemari oleh warga Indonesia. Penelitian ini akan membahas tentang bagaimana pengaruh Influencer marketing, online customer review, dan rating terhadap minat beli konsumen pada produk fashion yang dijual di Shopee. Populasi penelitian adalah warga Provinsi Riau dengan pengambilan sampel menggunakan metode random sampling. Produk fashion dan aksesoris menjadi primadona di e-commerce pada tahun 2019. Shopee sebagai salah satu penyedia layanan toko online telah mendominasi pasar di Indonesia. Kapitalisasi Shopee sebagai e-commerce mengalahkan Tokopedia, Lazada, dan platform lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa Shopee lebih dikenal oleh calon konsumen daripada platform lainnya. Saat ini, beberapa daerah di Indonesia sedang gencar mempromosikan penjualan online, beberapa diantaranya adalah daerah-daerah di Provinsi Riau. Minat belanja konsumen di pasar online tentu saja dipengaruhi oleh beberapa faktor. Kepercayaan menjadi hal yang harus dibangun penyedia usaha untuk menciptakan minat beli konsumen. Strategi pemasaran yang digunakan di era digital ini berpengaruh terhadap perilaku konsumen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan data primer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Influencer marketing, online customer review, dan rating berpengaruh terhadap minat beli.
No other version available