Electronic Resource
Analisis Karakteristik Individu dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Kasus : STEI TAZKIA)
Skripsi ini membahas tentang kualitas pelayanan yang seharusnya dijalankan oleh
suatu lembaga atau perusahaan untuk mencapai kepuasan para konsumennya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelayanan yang
diberikan oleh STEI Tazkia dengan menggunakan metode IPA (Importance
performance Analysis). Tujuan kedua adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan
mahasiswa STEI Tazkia dengan menggunakan metode CSI (Customer
Satisfaction Index). Selain mengukur kualitas pelayanan dan tingkat kepuasan
konsumen, peneliti juga meneliti apakah terdapat hubungan antara kualitas
pelayanan dengan kepuasan dan antara Karakteristik individu terhadap kepuasan
dengan menggunakan analisis korelasi. Hasilnya adalah 33 atribut tersebar dalam
empat kuadran dalam diagram kartesius. Dari keempat kuadran ini yang paling
penting untuk diperhatikan adalah atribut yang berada dalam kuadran I. Beberapa
atribut yang masuk dalam Kuadran I (Attributes to Improve) adalah kedisiplinan
karyawan STEI Tazkia, kemampuan karyawan dalam menangani keluhan
mahasiswa, kecepatan penanganan dalam keluhan dan beberapa atribut lainnya.
Kemudian setelah melakukan perhitungan CSI diperoleh nilai kepuasannya
sebesar 0,58 (Cukup Puas). Dan untuk analisis korelasi hasilnya adalah lima
variabel kualitas pelayanan mempunyai hubungan terhadap kepuasan sedangkan
dalam karateristik masing-masing variabel tidak ada yang memiliki hubungan
terhadap kepuasan mahasiswa STEI Tazkia.
No other version available