Electronic Resource
Analisis Awareness Dan Willingness Generasi Milenial Terhadap Perilaku Membayar Zakat
Latar Belakang – Terdapat potensi zakat penghasilan yang besar di Indoneisa.
Namun, tingkat pengumpulan zakatnya masih rendah. Oleh karena itu, perlu
dilakukan analisis yang mendalam mengenai perilaku membayar zakat penghasilan
terutama pada generasi milenial dalam rangka meningkatkan pengumpulan zakat
penghasilan.
Tujuan – Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis awareness dan
willingness generasi milenial terhadap perilaku membayar zakat penghasilan.
Metode Penelitian - Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
menggunakan metode kuantitatif. Pelaksanaan survey dilakukan dengan
menyebarkan kuisioner secara online untuk partisipan generasi milenial yang
berdomisili di Jabodetabek. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistic tools
Smart PLS versi 3.29.
Temuan – Dari penelitian ini ditemukan bahwa awareness memberikan pengaruh
signifikan terhadap terbentuk willingness, sementara itu willingness diketahui
berperang signifikan terhadap pembentukan perilaku membayar zakat penghasilan
diantara generasi milenial. Kami juga menemukan bahwa willingness berperan
sebagai mediator antara awareness dengan perilaku membayar zakat penghasilan.
Oleh karena itu, perlu ada perhatian lebih terhadap willingness, bagaimana merubah
awareness menjadi willingness sebelum perilaku membayar zakat penghasilan. Hal
lain yang ditemukan dalam penelitian ini adalah bahwa promosi yang dilakukan
oleh lembaga zakat juga berpengaruh terhadap terbentuknya willingness.
No other version available