Text
Pendekatan Bisnis Model Canvas Terhadap Inovasi Bisnis
Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan model bisnis produk
budidaya hidroponik Solomon’s Garden Hydroponic yang menggunakan
framework Business Model Canvas. Solomon’s Garden Hydroponic merupakan
sebuah inovasi bisnis dalam menjual produk hasil budidaya hidroponik. Hal yang
mendasari untuk dikembangkannya produk ini adalah untuk menemukan sasaran
konsumen dan value yang tepat untuk Solomon’s Garden Hydroponic. Oleh
karena itu, dibuatlah suatu Model Bisnis Kanvas dan proyeksi keuangan dengan
metode Break Event Point, Net Present Value dan Internal Rare of Return untuk
mengetahui kelayakan bisnis tersebut. Rencana model bisnis ini menggunakan
metode Action Research dengan pendekatan Customer Discovery. Terdapat dua
tahapan utama dalam model bisnis ini, yaitu pengujian permasalahan dan
pengujian solusi sebagai hasil pada pengujian permasalahan. Untuk mengatasi
permasalahan-permasalahan tersebut, beberapa solusi ditawarkan kepada
konsumen potensial sehingga mereka memberikan pendapat dan sarannya. Para
konsumen menyatakan bahwa mereka tertarik untuk membeli produk tersebut.
Berdasarkan hasil tersebut, didapatkan hasil akhir Model Bisnis Kanvas.
No other version available