Electronic Resource
Analisis Bisnis Model Canvas Bidang Usaha Industri Kuliner Perencanaan Rumah Makan Nasi Pecel Mas Eka
Indonesia merupakan Negara dengan jumlah kuliner terbanyak, kuliner
tradisional Indonesia merupakan bagian dari budaya layaknya tarian daerah maka
dari itu perlu dilestarikan dan dipopulerkan ke mancanegara. Permasalahan yang
terjadi pada pertumbuhan pasar streetfood tradisional Indonesia khususnya
masakan nasi pecel terletak pada orisinalitas tanpa inovasi dan terkesan kuno dan
membosankan. Salah satu inovasi dalam dunia kuliner ini adalah dengan
menyediakan berbagai varian menu dan menyediakan tempat yang luas dengan
konsep instagramable atau moderen agar tidak terkesan kuno lagi. Minimnya
penelitian terkait konsep masakan tradisional pada rumah makan menjadi motivasi
atas penelitian ini.
Business Model Canvas ini menggunakan metode action research dengan
melakukan wawancara untuk menggali informasi secara terperinci dari kebutuhan
dan permasalahan pelanggan dalam sebuah produk. Responden dalam penelitian
adalah customer segment dari Rumah Makan Nasi Pecel Mas Eka sebanyak 30
responden. Customer segments pada usaha ini adalah kalangan menegah ke bawah,
keluarga, kelompok/organisasi, travel/bus, dan mahasiswa/pelajar. Value
proportions yang ditawarkan adalah tersedianya variasi menu, tersedianya bragam
menu paketan, harga yang terjangkau, siap pesan antar ke daerah sekitar,
tersedianya toilet dan musholah, tersedianya tempat yang luas dan wastafel, dan
desainnya yang instagramable.
No other version available