Electronic Resource
Analisa Perbaikan Model Bisnis Kedai Tamkin Menggunakan Metode Bisnis Model Canvas (BMC)
Kedai Tamkin merupakan unit usaha yang bergerak dalam bidang ritel dengan
menjual produk sembako untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kedai Tamkin
didirikan pertama kali dibawah naungan Baitut Tamkin Tazkia Madani (BTTM)
pada Bulan April 2016. Kemudian Kedai Tamkin berfokus untuk dapat membantu
memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat kelas menengah kebawah. Tingginya
harga-harga barang terhadap kebutuhan sehari-hari, justru menjadi motavasi
tersendiri bagi Kedai Tamkin untuk dapat mermbantu masyarakat sekitarnya agar
dapat membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka, dan juga dapat
bersaing dengan toko ritel lainnya dibalik perkembangan zaman terhadap
kompetitor lainnya. Oleh karena itu, dibuatlah suatu kanvas model bisnis untuk
mengetahui kelayakan produk tersebut, terutama dalam menentukan Customer
Segments dan Value propositions yang tepat. Rencana model bisnis ini
menggunakan metode Action Research. Terdapat dua tahapan utama dalam model
bisnis ini, yaitu pengujian permasalahan dan pengujian solusi. Untuk menentukan
hasilnya, terdapat 30 responden ditentukan sebagai konsumen tetap Kedai
Tamkin. Berdasarkan hasil tersebut, didapatkan hasil akhir kanvas model bisnis,
terutama pembaruan pada Customer Segments dan Value propositions.
No other version available