Electronic Resource
Analisa Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah
Saat ini, persaingan semakin ketat terjadi di semua aspek. Hal ini
mengakibatkan perusahaan mencari strategi yang tepat untuk menghadapi
persaingan. Strategi yang dapat dilakukan untuk mempertahankan eksistensi
perusahaan adalah dengan menerapkan relationship marketing. Selain itu terdapat
kesenjangan hasil di beberapa penelitian sebelumnya, termasuk menurut para ahli
ekonomi. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh antara
ikatan keuangan, ikatan sosial dan ikatan struktural secara langsung dan tidak
langsung terhadap loyalitas nasabah serta adakah pengaruh antara kepuasan
terhadap loyalitas nasabah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh antara ikatan keuangan, ikatan sosial dan ikatan struktural secara
langsung dan tidak langsung terhadap loyalitas nasabah . Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Sentul.
Penarikan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling. Untuk menentukan
ukuran sampel data menggunakan rumus slovin yang diketahui populasi pada
penelitian ini sebesar 133. Metode pengumpulan data dilakukan dengan
dokumentasi, dan kuesioner. Metode analisis data penelitian ini menggunakan
multiple regression dengan tingkat signifikan sebesar 5%. Hasilnya menunjukkan
bahwa ikatan keuangan dan ikatan struktural memiliki pengaruh positif pada
loyalitas pelanggan, sementara ikatan sosial tidak berpengaruh. Perusahaan
diharapkan untuk meningkatkan hubungan keuangan, dan ikatan struktural untuk
menciptakan hubungan jangka panjang antara perusahaan dan pelanggan. Saran
untuk peneliti lebih lanjut untuk diingat variabel hubungan keuangan dan ikatan
struktural sebagai faktor pembentuk loyalitas pelanggan. Selain itu, untuk
mengembangkan hasil penelitian ini, diharapkan variabel lain seperti komitmen,
kepuasan dan motivasi perlu ditambahkan.
No other version available