Electronic Resource
Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Pricing Pembiayaan Konsumer BSM Implan (Studi Kasus Nasbabah BSM Implan PNS KEMENAG Bogor)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan juga
tingkat harga pembiayaan atau pricing terhadap tingkat kepuasan nasabah
pembiayaan konsumer BSM Implan KEMENAG wilayah Bogor. Dalam penelitian
ini terdapat dua variabel yaitu variabel eksogen dan variabel endogen. Untuk
variabel eksogen meliputi kualitas layanan dan pricing, sementara untuk variabel
endogen yaitu kepuasan nasabah BSM Implan dan perpindahan nasabah bank lain
ke BSM Implan. Selain itu untuk variabel perpindahan nasabah bank lain ke BSM
Implan berperan juga sebagai variabel intervening yang memediasi antara variabel
kualitas layanan dan pricing dengan variabel tingkat kepuasan. Dalam menentukan
responden atau sampel pada penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan
kesalahan yang ditolerir sebesar 10%, dari 276 nasabah data yang berhasil
terkumpul sekitar 101 sampel nasabah BSM Implan PNS di KEMENAG wilayah
Bogor. Penelitian ini menggunakan jenis data primer, dengan teknik penyebaran
kuisioner kepada nasabah BSM Implan PNS di KEMENAG wilayah Bogor.
Metode penelitian ini menggunakan Structral Equation Model Partial Least Square
(SEM-PLS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif
signifikan antara variabel eksogen dengan variabel endogen yang ada. Dalam
penelitian ini diketahui sebesar 70.558% keragaman variabel endogen yang
meliputi kepuasan nasabah pembiayaan BSM Implan (Y) dan perpindahan nasabah
ke BSM Implan (Z) dapat dijelaskan oleh variabel eksogen yang meliputi kualitas
layanan (X1) dan tingkat harga atau pricing (X2).
No other version available