Electronic Resource
Analisis hubungan antara pemasaran sosial (social marketing) dan pelayanan terhadap keputusan muzakki dalam membayarkan zakat
Pemasaran Sosial dan Pelayanan merupakan strategi yang tepat
diterapkan di lembaga Dompet Dhuafa. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh strategi pemasaran sosial dan pelayanan terhadap
keputusan muzakki dalam membayarkan zakatnya. Indiaktor pemasaran
sosial antara lain: iklan melalui media televisi, radio, media cetak,
penyebaran brosur dan spanduk, pengadaan event, gerai, pengajian
kantoran dan kerjasama dengan media. Indikator dari pelayanan adalah:
penyediaan mesin EDC, SMS banking, phone banking, blackberry Dompet
Dhuafa dan donasi melalui sisa kembalian belanja di Hypermart.
Metode yang digunakan dalam mengukur pengaruh terhadap
keputusan berzakat adalah berupa data primer internal perusahaan yang
diperoleh dari muzakki, kemudian diolah menggunakan metode
Importance Performance Analysis (IPA) dan Costumer Stisfaction Index
untuk mengetahui kepuasan muzakki, sedangakan untuk mengetahui
keputusan berzakat digunakan uji Chy Square. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan tingkat kepuasan muzakki sebesar 73,73% dalam kategori
puas, dan frekuensi berzakat menunjukkan pengaruh yang signifikan
terhadap keputusan berzakat.
No other version available