Electronic Resource
"Efektivitas Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Pengetahuan Tentang Kebudayaan Lokal Belitung Berdasarkan Kurikulum Merdeka (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Di SDN 17 Tanjungpandan Belitung)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode bernyanyi
efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan ketertarikan peserta didik tentang
kebudayaan lokal Belitung berdasarkan kurikulum merdeka pada mata pelajaran
IPAS Kelas IV di SDN 17 Tanjungpandan Belitung. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen, desain yang
digunakan adalah desain Two Group Pretest Posttest yakni rancangan eksperimen
yang dilakukan pada dua kelompok berbeda yang mendapatkan latihan yang
berbeda serta teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji N-Gain.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD N 17 Tanjungpandan
dengan jumlah 109 siswa, dengan sampel pada penelitian ini adalah kelas IV.1
dengan jumlah 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan IV.2 dengan jumlah 27
siswa sebagai kelas kontrol, dengan total jumlah siswa dari kedua kelas tersebut
adalah 56 siswa. Teknik dalam mengumpulkan data pada penelitian ini
menggunakan teknik Observasi, Dokumentasi, Wawancara, Tes, dan Angket.
Hasil dari peneitian ini menunjukkan bahwa 1) Berdasarkan hasil Uji NGain, didapatkan hasil yaitu 1,65, dimana efektivitas > 1 maka pembelajaran
dengan metode bernyanyi dianggap lebih efektif dalam meningkatkan
pengetahuan peserta didik tentang kebudayaan lokal Belitung. Hal ini diperkuat
lagi dengan hasil perhitungan Uji Hipotesis dimana nilai thitung > ttabel yaitu 3,002 >
1,671. Oleh karena itu metode bernyanyi efektif dalam meningkatan pengetahuan
vii
peserta didik tentang kebudayaan lokal Belitung berdasarkan kurikulum merdeka
pada mata pelajaran IPAS Kelas IV di SDN 17 Tanjungpandan Belitung. 2)
Berdasarkan hasil Uji N-Gain, didapatkan hasil yaitu 3,92, dimana efektivitas > 1
maka pembelajaran dengan metode bernyanyi dianggap lebih efektif dalam
meningkatkan ketertarikan peserta didik terhadap kebudayaan lokal Belitung. Hal
ini didukung dengan Uji Hipotesis yaitu nilai thitung > ttabel yaitu 2,380 > 1,671.
Oleh karena itu metode bernyanyi efektif juga dalam meningkatkan ketertarikan
peserta didik terhadap kebudayaan lokal Belitung.
No other version available