Electronic Resource
Faktor faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam menggunakan produk kartu kredit syariah
Latar Belakang - Market share produk keuangan syariah di indonesia dinilai
timpang dan kalah saing dibandingkan dengan produk keuangan konvensional,
termasuk didalamnya produk kartu kredit syariah. Padahal jika melihat dari
potensinya, indonesia sebagai negara dengan jumlah umat islam terbesar didunia
semestinya bisa menguasai pasar dalam hal produk-produk keuangan syariah
termasuk didalamnya produk kartu kredit syariah.
Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi
minat nasabah dalam menggunakan produk kartu kredit syariah.
Metode Penelitian - Penelitian ini menggunakan data primer dengan metode
angket kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling
dengan jumlah 145 responden. Design pada penelitian ini berjenis kuantitatif dan
bersifat asosiatif. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah minat nasabah
dalam menggunakan produk kartu kredit syariah. Adapun Variabel independen
adalah kepercayaan, pengetahuan, biaya dan Fasilitas yang ditawarkan.
Temuan - Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kepercayaan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap minat nasabah dalam menggunakan produk kartu
kredit syariah. Adapun faktor pengetahuan berpengaruh positif dan kurang
signifikan terhadap minat nasabah dalam menggunakan produk kartu kredit
syariah. Sedangkan faktor biaya dan fasilitas produk yang ditawarkan
berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat nasabah dalam
menggunakan produk kartu kredit syariah. Hal ini menunjukkan bahwa faktor
kepercayan dan faktor pengetahuan produk yang merupakan faktor intern, menjadi faktor yang lebih memiliki pengaruh terhadap minat nasabah dalam
menggunakan produk kartu kredit syariah dibandingkan dengan faktor biaya dan
fasilitas produk yang ditawarkan yang merupakan faktor ekstern. Sehingga
lembaga pemasar produk kartu kredit syariah perlu lebih memperhatikan terhadap
faktor intern tersebut yaitu faktor kepercayaan dan faktor pengetahuan, tanpa
meninggalkan pemasaran berdasarkan faktor ekstern yaitu faktor biaya dan
fasilitas produk yang ditawarkan.
No other version available