Electronic Resource
Pengaruh relationship quality and relijiusitas terhadap loyalitas nasabah bank syariah (studi kasus bank syariah mandiri kantor cabang pembantu tanjung duren jakarta)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya persaingan bisnis antar perusahaan
untuk dapat terus bertahan dalam kondisi perekonomian yang semakin kompetitif.
Secara khusus, penelitian ini mengulas upaya yang dilakukan Bank Syariah
Mandiri Kantor Cabang Pembantu Tanjung Duren Jakarta untuk meningkatkan
kualitas, strategi pemasaran agar konsumen tetap loyal pada perusahaantersebut.
Adapun masalah penelitian ini adalah ”apakah relationship quality dan relijiusitas
mempunyai pengaruh terhadap loyalitas nasabah?”.Penelitian ini secarakhusus
menguji elemen-elemenrelationship quality dan relijiusitas.Tujuan dari penelitian
ini adalah mengetahui dan menganalisis pengaruh kedua elemen tersebut terhadap
loyalitas nasabah Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Tanjung Duren
Jakarta.Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, data
dikumpulkan melalui metode kuesioner dengan menggunakan teknik sampling
terhadap 100 orang responden yang telah loyal terhadap BSM selama minimal 2
tahun. Sedangkan populasi yang dijadikan responden dalam penelitian ini adalah
nasabah BSM yang telah menjadi nasabah selama minimal 2 tahun.Kemudian
dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis
kuantitatif dan kualitatif.Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas,
uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan
uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2).Analisis kualitatif merupakan
interpretasi dari data-data yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan
data yang sudah dilaksanakan dengan memberi keterangan dan penjelasan.Datadata yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik
tersebut diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut :
Y = 0,133 X1 + 0,322 X2
Dimana variabel loyalitas (Y), relationship quality (X1), danrelijiusitas(X2).
Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa kedua variabel
independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel
dependen loyalitas.Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa seluruh
variabel independen memang layak untuk menguji variabel dependen loyalitas.
Angka Adjusted R Square sebesar 0,525 menunjukkan bahwa sebesar 52,5 persen
variasi loyalitas dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen dalam
persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 47,5 persen dijelaskan oleh
variabel lain diluar kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
No other version available