Electronic Resource
Rencana Bisnis Kuliner Kentang "Frites & Chill" Dengan Analisis Model Bisnis Kanvas
Kentang (Solanum tuberosum L.) merupakan salah satu tanaman pangan
yang ada di Indonesia setelah gandum, padi, dan jagung. Tanaman kentang juga
memiliki nilai gizi yang menjadikan tanaman ini banyak sekali dibudidayakan
diberbagai wilayah di seluruh penjuru dunia (Pratama, et al., 2020). Sebagai bahan
makanan, kandungan nutrisi umbi kentang dinilai cukup baik, yaitu mengandung
sedikit lemak dan kolesterol, namun mengandung karbohidrat, sodium, serat,
protein, vitamin C, kalsium, zat besi dan vitamin B6 yang cukup tinggi (Anonim,
2013). Meningkatnya konsumsi pangan saat ini tidak dibarengi dengan kenaikan
produksi kentang. Penyebab kelangkaan produksi kentang saat ini yaitu adanya
bencana wabah virus Covid-19 yang membuat tren ekspor kentang dunia merosot
serta mengganggu kestabilan pasokan kentang dunia. Negara-negara yang
terdampak seperti Perancis, Belanda, dan Jerman yang mana merupakan eksportir
utama kentang dunia. Di Indonesia, kentang biasanya ditanam di areal pegunungan
yang memiliki ketinggian 1000–2000 meter di atas permukaan laut, pada
kelembaban tanah 70% dan curah hujan 200–290 mm tiap bulannya. Adapun
metode yang digunakan dalam analisis data menggunakan metode Action Research
dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan melalui dua tahap yaitu uji
masalah dan uji solusi dengan melakukan wawancara dan juga penawaran solusi
kepada 30 informan. Berdasarkan pengujian masalah dan pengujian solusi, hasil
yang didapatkan berupa penetapan model bisnis baru pada komponen customer
segments, value propositions dan channel. Perubahan ekstraksi Customer Segment
terdapat sedikit tambahan yaitu menambahkan target market yaitu karyawan. Lalu,
Perubahan ekstraksi Value Proposition terdapat tambahan dari kesepakatan
informan terkait jenis kemasan yang digunakan untuk mengemas produk-produk
Frites & Chill, lalu melakukan proses sertifikasi Halal pada lembaga BPJPH.
Terakhir perubahan ekstraksi Channel terdapat tambahan dari kesepakatan
informan terkait sistem penjualan Frites & Chil yang memungkinkan menjual
produk secara online maupun offline.
No other version available