Electronic Resource
Rencana Business Model Canvas Keripik Pisang Opung
Keripik pisang merupakan salah satu jenis keripik yang berbahan dasar buah pisang
dan saat ini sudah banyak dikenal dan diminati oleh masyarakat, bahkan keripik
pisang sudah banyak dijadikan sebagai oleh-oleh dari daerah tertentu. Olahan
produk keripik pisang sekarang sudah banyak varian namun dari banyaknya produk
masih bayak yang memiliki kualitas yang kurang baik, misal dari segi rasa, tekstur
dan kemasan yang banyak menjadi keluhan konsumen produk keripik pisang.
Dalam hal ini bisnis Keripik Pisang opung hadir sebagai penyedia produk keripik
pisang yang berkualitas, yaitu dengan merencanakan bisnis keripik pisang. Dalam
penelitian bisnis model canvas ini, Keripik Pisang Opung berfokus dalam 2 elemen
penelitian yaitu customer segmentation dan value proposition. dengan
menggunakan metode action research dan menggunakan pendekatan kualitatif,
penelitian dilakukan dalam dua tahapan pengujian, yaitu uji masalah dan uji solusi,
terhadap 30 responden dengan melakukan wawancara mengenai permasalahan
yang dirasakan dan mengajukan solusi untuk menjawab permasalahan tersebut.
Dari uji masalah dan uji solusi yang telah dilakukan diperoleh dan ditetapkan
sebagai berikut: customer segmentation yaitu wisatawan yang datang ke Lampung,
penduduk asli Lampung yang sedang mencari oleh-oleh, masyarakat yang mencari
camilan, orang yang ingin membeli keripik pisang secara online dan value
proposition yaitu keripik pisang yang memiliki bayak varian rasa, kemasan
yang simpel menarik dan aman, menggunakan bahan baku pisang kepok dan pisang
tanduk kualitas terbaik, harga terjangkau, Mudah didapatkan
No other version available