Tujuan: Untuk mengetahui bagaimana pelaku UMKM jenis makanan dan minuman cepat saji memanfaatkan peluang pemboikotan untuk meningkatkan penjualan, strategi pelaku UMKM dalam meluaskan pemasaran dan sikap konsumen mendapatkan dan menentukan produk pengganti Metode: Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif yang menggunakan pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, observ…
Penelitian ini merupakan penelitian empiris yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Sosialisasi dan informasi terkait SAK UMKM, Persepsi Pelaku usaha, Pendampingan UMKM, Religiusitas, terhadap Pencatatn Keuangan UMKM di Kabupaten Belitung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengolah data primer melalui responden langsung dengan menggun…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan sikap, pengetahuan,norma subjektif dan perilaku kontrol diri terhadap Niat sertifikasi Halal Provinsi Bangka Belitung. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Analisa yang digunakan untuk penelitian ini digunakanlah model SEM PLS. Untuk variabel dependen dalam penelitian tersebut yaitu Niat Sertifikasi H…
Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Finance (NPF), dan Return On Asset (ROA) terhadap besarnya pembiayaan UMKM perbankan syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan disain studi kasus Bank Syariah Mandiri, Bank Muamalat Indonesia, dan Bank Syariah Mega I…
Sektor ekonomi di Indonesia secara faktual sebagian besar didukung oleh sektor usaha mikro, kecil dan menengah atau dikenal dengan singkatan UMKM. Sektor ini mempunyai keunggulan dan sangat potensial untuk lebih dikembangkan lagi melalui suatu kebijakan yang tepat dan dukungan dari lembaga yang tepat. Adapun permasalahan utama yang dihadapi oleh sektor UMKM adalah sulitnya memperoleh pe…
at UMKM merupakan salah satu sektor usaha yang banyak diminati oleh masyaradan cukup prospektif untuk dikembangkan serta memiliki peran penting sebagai usaha yang mampu bertahan terhadap krisis ekonomi global. Peran UMKM menurut Badan Pusat Statistik pada tahun 2008-2013 memiliki peran dan kontribusi yang besar bagi negara kita Indonesia, yaitu dengan meningkatnya kontribusi PDB dan p…
Berbelanja online juga membuat masyarakat menjadi candu dengan adanya diskon atau cashback yang ditawarkan oleh bisnis online baik lewat sosial media atau platform. Dengan adanya pelaku bisnis online yang sudah banyak dinegara Indonesia, pemerintah mengeluarkan Undang-Undang No. 23 Tahun 2018 tentang pajak penghasilan atas penghasilan dari usaha yang diterima pelaku yang memiliki bisn…
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa pengaruh Sikap, Kesadaran Wajib Pajak, dan Pengetahuan Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM dalam Pembayaran Pajak dengan Kebijakan Tarif Pajak sebagai Variabel Moderasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan jumlah responden sebanyak 48 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis SEM-PLS. Ha…
UMKM merupakan salah satu sektor usaha yang banyak diminati oleh masyarakat dan cukup prospektif untuk dikembangkan serta memiliki peran penting sebagai usaha yang mampu bertahan terhadap krisi ekonomi global. Peran UMKM menurut Badan Pusat Statistik pada tahun 2015-2017 memiliki peran dan kontribusi yang besar bagi negara kita Indonesia, yaitu dengan meningkatnya kontribusi PDB dan p…
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui benefit, opportunity, cost, dan risk prioritas, serta alternatif strategi dalam jangka panjang maupun jangka pendek bagi perusahaan Peer to Peer Lending Syariah dan UMKM. Penelitian ini dilakukan dengan metode ANP BOCR 2 lantai dengan indeph interview, studi literatur, pengisian kuesioner yang meliputi 9 responden. Analisis ANP meliputi ta…