"Tujuan : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi konteks, input, proses dan produk pada program adiwiyata dalam penanaman karakter peduli lingkungan pada siswa kelas VII SMPN 1 Babakan Madang. Metode : Penelitian ini menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) dengan pendekatan kualitatif. Pada bagian konteks latar belakang sekolah melaksanakan pr…
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi konteks, input, proses, dan produk pada implementasi kurikulum merdeka mata pelajaran IPS di SMP Bina Bangsa Seahtera Bogor. Berdasarkan, ada beberapa permasalahan dalam penerapan kurikulum merdeka di SMP IT Bina Bangsa Sejahtera diantaranya: pemahaman guru dan kompetensi guru tentang kurikulum merdeka yang meliputi tentang admini…
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan capaian program Budaya 5S sebagai penguatan pendidikan karakter peserta didik di SD Negeri 1 Babakan Madang. Penelitian ini menggunakan model CIPP (Context, Input, Process dan Product) sebagai alat untuk melakukan evaluasi. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif secara deskriptif. Pengumpulan data pada proses evaluasi yait…
The independent curriculum is a curriculum concept that aims to provide more optimal learning for students. In this curriculum, intracurricular learning is carried out with a variety of methods so that students can have strong concepts and strengthen their competencies. This study aims to evaluate the implementation of the independent curriculum in overcoming b…