Text
Rancangan Model Bisnis Kanvas Pada Toko Online Pertanian "filahafarm.com"
Indonesia disebut sebagai negara Agraris yang sebagian besar penduduknya
bekerja sebagai petani. Tetapi, jika dilihat luas lahan Indonesia yang hanya 568,7
meter persegi (m2) lebih kecil dibandingkan dengan negara Asia lainnya seperti
Cina, Thailand dan Vietnam. Sedangkan, potensi Indonesia yang tinggi di sektor
pertanian terutama sayuran terhambat oleh beberapa faktor yang diantaranya
pendidikan petani yang rendah, lahan yang sempit dan faktor yang terpenting yakni
distribusi. Diantara permasalahan pemenuhan pasar sayuran organik adalah
keterbatasan lahan garapan untuk sayuran, maka solusi untuk memaksimalkan
pertanian di sektor sayuran dengan memaksimalkan lahan adalah hidroponik.
Namun karena Oleh sebab itu, penelitian ini berfokus kepada customer segment
dan value proposition yang mengacu pada hasil penelitian pencarian customer
discovery menggunakan metode penelitian action research dengan data kualitatif.
Dengan inovasi yang semakin berkembang, penelitian ini menghasilkan rancangan
model bisnis kanvas pada toko online pertanian filahafarm.com. Dengan website
yang di optimasi dengan baik, bekerjasama dengan petani, pasar internet akan
membantu Indonesia dalam mewujudkan potensi pertanian di Indonesia. Penelitian
ini mewawancara 30 responden yang terdiri dari petani hidroponik, praktisi
website, dan konsumen yang telah mengikuti pelatihan hidroponik. Maka
ditemukan bahwa pasar online merupakan salah satu jalur pemasaran yang perlu
dioptimalkan dengan menjawab kebutuhan konsumen yang ada di Indonesia.
No other version available