Electronic Resource
Bisnis Abaya Lukis Dengan Analisa Bisnis Model Kanvas
Mode busana muslim semakin berkembang dengan memberikan inovasiinovasi barunya yang unik dan mampu menarik minat masyarakat Indonesia yang
mayoritas beragaman Islam. Salah satunya adalah Abaya, dimana Abaya sendiri
adalah jubah atau baju luaran yang longgar untuk menutupi baju bagian dalam.
Umumnya Abaya dihiasi dengan payet atau bordiran sehingga terkesan elegan dan
pemakaian Abaya sering digunakan pada saat acara keagamaan di Indonesia. Abaya
yang masih belum terlalu banyak diminati untuk dijadikan pakaian non-formal dan
formal menjadikan landasan penulis dalam membuat rancangan bisnis model kanvas
Abaya Lukis. Rencana bisnis model kanvas ini dibuat untuk mengukur kelayakan
produk serta penetapan Customer segment dan value proposition. Metode yang
digunakan dalam penyusunan model bisnis ini adalah metode action research dengan
dua tahap pengujian yaitu, uji masalah dan uji solusi. Setelah dilakukan dua kali
pengujian dengan wawancara kepada 30 responden didapatkan hasil bahwa Customer
Segment Abaya lukis adalah wanita muslim dimana diantaranya ibu rumah tangga,
dan wanita karir. Adapun untuk Value Proposition adalah Original Disain, dilukis
dengan cat berkualitas sehingga lukisan yang tidak lengket atau pudar saat disetrika
atau dicuci, memiliki tema yang berbeda setiap sekali produksinya yang otomatis
menjadikan Abaya lukis termasuk produk limited edition dengan aneka motifnya
yang terinspirasi dari motif tenun Indonesia, terdapat kartu pada Abaya sebagai alat
informasi makna lukisan pada Abaya, warna Abaya yang bervariasi, dan bahan kain
yang tidak mudah kusut.
No other version available