Electronic Resource
Rencana Bisnis Sayur Hidroponik Gaza Farm dengan Analisa Bisnis Model Kanvas
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui determinan yang mempengaruhi
permintaan uang dalam Islam di Indonesia, Malaysia dan Qatar dengan
berlandaskan kepada teori Umer Chapra. Permintaan uang diperkirakan
dipengaruhi oleh Social Value (Zakat, Infaq dan Shadaqah), Return Syariah serta
pertumbuhan ekonomi yang di proxy kepada Industrial Production Index (IPI),
kemudian tambahan variabel yaitu exchange rate dalam rentan waktu Januari
2007 sampai dengan Desember 2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam
jangka panjang hampir seluruh variabel yang diuji signifikan dalam
mempengaruhi permintaan uang dalam Islam baik di Indonesia, Malaysia
maupun Qatar. Adapun variabel yang paling berpengaruh terhadap permintaan
M1 Islam & M2 Islam di Indonesia adalah variabel Return Syariah (RSI).
Kemudian untuk variabel yang paling berpengaruh terhadap permintaan M1 Islam
di Malaysia adalah nilai tukar ringgit terhadap dollar AS (EXM) dan untuk
variabel yang paling berpengaruh terhadap permintaan M2 Islam di Malaysia
adalah Return Syariah (RSM). Selanjutnya untuk variabel yang berpengaruh
terhadap permintaan M1 di Qatar adalah pendapatan (IPIQ) dan untuk variabel
yang paling berpengaruh terhadap permintaan M2 di Qatar adalah Return Syariah
(RSQ).
No other version available