Electronic Resource
Rencana Bisnis Pengelolaan Sampah Rumah Tangga angkut Dengan Analisis Bisnis Model Kanvas
Tujuan: Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisa rencana bisnis dengan
analisa bisnis model kanvas dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang akurat
pada elemen customer segments dan value propositions dari rencana bisnis yang
akan dibangun.
Metode: Penelitian ini menggunakan action research mothoed untuk mengetahui
potensi pasar terutama pada customer segments dan value propositions dengan
pendekatan bisnis model kanvas. Dari metode yang digunakan tersebut, instrumen
yang dipakai adalah observasi dan wawancara terhadap 30 partisipan secara
komprehensif.
Hasil/Temuan: Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah terciptanya gambaran
bisnis model dari rencana bisnis Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Angkut
secara akurat dan elaboratif. Penelitian ini memberikan gambaran yang tepat
terutama pada elemen customer segments dan value propositions dalam metode
analisis bisnis model kanvas yang menjadi elemen pokok bagi sebuah unit usaha.
Adapun hasil penelitiannya customer segment Angkut adalah rumah tangga dam
umkm, sementara pada value proposition terjadi perubahan pada tahap
pelaksanaannya yaitu pada jadwal penjemputan sampah yang efektif pada hari rabu
dan sabtu pukul 07.30 sampai pukul sepuluh pagi, pengelompokan sampah hanya
terdiri dari tiga kategori yaitu sampah basah, kering dan minyak jelantah serta
adanya pemeliharaan lingkungan untuk customer yang telah menyetorkan sampah
kepada Angkut dan pemberian reward dari Angkut untuk customer yang telah
memilah sampahnya
No other version available