Electronic Resource
Pengembangan Strategi Konversi Kegiatan Usaha Simpan Pinjam (KSP/USP Koperasi) Konvensional Menjadi Kegiatan Usaha Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah
Latar Belakang – Melihat potensi jumlah umat Islam yang mayoritas dan eforia
keinginan dari beberapa pimpinan daerah untuk menjalankan ekonomi dengan
prinsip syariah namun tidak diringi dengan banyaknya atau rendahnya
keberhasilan konversi dari KSP/USP Koperasi menjadi KSPPS. Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan, solusi
serta strategi seperti apa saja yang dapat menyelesaikan permasalah tersebut. Metode Penelitian – Penelitian ini menggunakan metode Analytic Network
Process (ANP) dengan mengumpulkan pendapat dari berbagai ahli seperti praktisi, regulator dan ahli dalam melakukan konversi dari KSP/USP Koperasi menjadi
Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah. Temuan – Penelitian ini menghasilkan antara lain terjadi kesepakatan sempurna
pada aspek permasalahan, bahwa rendahnya konversi disebabkan lebih dominan
pada aspek permasalahan internal. Dari permasalahan aspek internal maka aspek
kepentingan stakeholder kemudian aspek kebutuhan SDM merupakan aspek
permasalahan internal yang paling dominan berpengaruh terhadap permasalahan
rendahnya konversi. Dari Aspek kepentingan stakeholder maka aspek respon dari
Pengurus/Pengawas kemudian disusul aspek repon anggota, sedangkan dari aspek
kebutuhan SDM maka aspek pemahaman syariah yang kurang disusul kurangnya
pendidikan yang mempengaruhi rendahnya konversi. Untuk memecahkan
permasalahan tersebut dari pengolahan data keseluruhan responden berdasarkan
hasil rata-rata maka prioritas pertama adalah pada aspek pendidikan dan
komunikasi, kemudian prioritas kedua adalah aspek konversi bertahap dan yang
ketiga adalah pada aspek penyempurnaan kebijakan. Pada aspek penyempurnaan
kebijakan, menjadi prioritas pertama adalah penyelesaian di sertifikasi dewan
pengawas syariah oleh DSN-MUI kemudian disusul dengan kesesuain regulasi
dari Undang-Undang sampai dengan Peraturan Menteri Koperasi dan UKM. Usulan solusi tersebut akan jauh lebih efektif jika solusi dilaksanakan dengan
strategi market driven strategi dan persuasi rasional.
No other version available