Electronic Resource
Analisis perbandingan pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada produk shipping : studi kasus pada perusahaan jasa kurir PT Pos Indonesia dan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir di wilayah kota Bogor
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pengaruh kualitas
pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Pos Indonesia dan PT. Tiki Jalur
Nugraha Ekakurir. Dalam penelitian ini kualitas pelayanan meliputi reliability,
responsiveness, assurance, emphaty, dan tangible. Penelitian ini akan melihat
pengaruh kualitas pelayanan secara simultan dan parsial terhadap loyalitas
pelanggan dan perbandingannya pada PT. Pos Indonesia dan PT. Tiki Jalur Nugraha
Ekakurir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Semua data
dianalisis dengan analisis persentase, analisis regresi berganda, koefisien
determinasi, uji F dan uji t.
Dari pengujian hipotesis diketahui kualitas pelayanan secara simultan
berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan PT. Pos Indonesia dan PT. Tiki
Jalur Nugraha Ekakurir. Secara parsial variabel reliability, assurance, emphaty,
dan tangible memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan PT. Pos
Indonesia. Variabel responsiveness tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan
PT. Pos Indonesia. Sedangkan variabel responsiveness, emphaty, dan tangible
berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir.
Variabel reliability dan assurance tidak berpengaruh pada loyalitas pelanggan PT.
Tiki Jalur Nugraha Ekakurir. Berdasarkan hasil perbandingan, PT. Pos Indonesia
memiliki nilai indeks rata-rata variabel reliability, responsiveness, emphaty,
tangible dan loyalitas pelanggan lebih tinggi dari PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir.
vi
Ssdangkan PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir memiliki nilai indeks rata-rata variabel
assurance lebih tinggi dari PT. Pos Indonesia.
No other version available