Electronic Resource
Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Dan Komposisi Makanan Terhadap Minat Membeli Produk Makanan Berlogo Halal (Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Dan Ekonomi Syariah Di Bogor)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sertifikasi halal,
kesadaran halal, dan komposisi makanan terhadap minat membeli produk
kemasanan makanan berlogo halal pada konsumen mahasiswa di Bogor.
Penelitian ini merupakan survei dengan menggunakan kuesioner sebagai
instrumnnya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa
ekonomi syariah dan non ekonomi syariah di Bogor. Sampel yang di gunakan
adalah mahasiswa Institut Pertanian Bogor, Universitas Pakuan (UNPAK) Bogor,
Universitas Ibn Khaldun Bogor (UIKA), Universitas Djuanda (UNIDA),
Universitas Nusa Bangsa (UNB), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Binaniaga dan
Institut Agama Islam Tazkia Bogor. Dan diambil sebanyak 100 responden
diantaranya 50 responden mahasiswa ekonomi dan 50 responden mahasiswa
ekonomi syariah dengan mengguakan metode purpose sampling, yaitu sebuah
teknik pemilihan sampel dimana seorang individu memilih sampel berdasarkan
peniliaian pribadi mengenai beberapamkarakteristik yang sesuai dari anggota
sampel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation
Modelling (SEM).
Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) Sertifikasi halal untuk
mahasiswa ekonomi syariah berpengaruh positif dengan minat membeli tetapi
untuk sertifikasi halal pada konsumen mahasiswa non ekonomi syariah tidak
berpengaruh signifikan terhadap minat membeli produk makanan kemasan
berlogo halal. (2) Kesadaran akan halal tidak berpengaruh dengan minat membeli
membeli produk makanan kemasan berlogo halal baik mahasiswa ekonomi
syariah dan non ekonomi syariah. (3) Komposisi makanan berpengaruh signifikan
vi
terhadap minat membeli produk makanan kemasan berlogo halal untuk
mahasiswa ekonomi syariah dan non ekonomi syariah.
No other version available