Electronic Resource
Analisis Penetapan Customer Segment dan Value Proposition Terhadap Bisnis Kuliner Rumah Makan Bakmi Pelangi
roduk mie yang dipercaya dengan berbagai macam rasa dan warna dengan menitik
beratkan kepada rasa, sehat dan tentunya halal yang diberi nama “Bakmi Pelangi”.
Bakmi pelangi ini berbeda dari bakmi lainnya yaitu keunikannya pada satu porsi
bakmi yang diisi dengan mie berwarna-warni dengan topping yang bervarian serta
disediakan rasa pedas yang berlevel. Dengan keunggulan lainnya produk ini diracik
tanpa bahan pengawet dan bahan kimia, melainkan dengan bahan-bahan alami yaitu
sayuran seperti wortel, sayuran hijau, ubi ungu dan dijamin halal, sehingga
menciptakan produk yang lezat, sehat dan halal. Dari ide tersebut maka bisnis
kuliner rumah makan dapat dirancang menggunakan konsep bisnis model kanvas
yang difokuskan pada elemen customer segmentation dan value proporsition
dengan metode action research dan menggunakan dua tahapan pengujian, yaitu uji
masalah dan uji solusi terhadap 30 responden dengan melakukan wawancara
mengenai permasalahan yang dirasakan dan mengajukan solusi untuk menjawab
permasalah tersebut. Karena bakmi pelangi ini tidak aneh lagi di masyarakat, 100%
responden bisa dikatakan potensial dalam penelitian ini. Dari hasil wawancara
tersebut dilakukan verifikasi yang difokuskan pada customer segment dan value
proporsition pada bisnis model kanvas.
No other version available