Electronic Resource
Perencanaan Bisnis Sekar Jepara Menggunakan Metode Bisnis Model Kanvas
Perkembangan ekonomi yang baik di Kota Lhokseumawe menjadi peluang
dalam membuka usaha. Membangun bisnis furniture dari kayu jati menjadi
peluang untuk mengembangkan pasar barang furniture yang berasal dari Kota
Jepara. Menjadi fasilitator semu yang menjualkan furniture jati dari Jepara.
Karena pada dasarnya setiap rumah tangga memerlukan pemenuhan kebutuhan
perabot rumah tangga, khususnya produk meja, kursi, lemari dan tempat tidur.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah actions research
methods yaitu dengan pendekatan kualitatif melalui wawancara semi terstruktur
yang bertujuan untuk mengetahui segmentasi pasar yang sesuai dan menentukan
proposisi nilai yang dapat mengatasi permasalahan sebelumnya.
Hasilnya menunjukkan bahwa segmentasi pasar yang sesuai dengan
rencana bisnis model kanvas Sekar Jepara adalah ibu rumah tangga dan juga
konsumen umum yang berusia 25-55 tahun. Sedangkan proposisi nilai yang harus
ditawarkan adalah kualitas kayu jati yang paling baik, desain yang klasik,
persediaan home accessories dan home tools sebagai produk sampingan yang
ditawarkan, metode pembayaran secara angsuran, memberikan display room,
menyediakan jasa make over dan repair, memberikan garansi selama 1 tahun, dan
memberikan pilihan ekstra packaging.
No other version available