Electronic Resource
RANCANGAN MODEL BISNIS PADA PRODUK KARTU POP UP DENGAN BRAND POPPAPOLLY DALAM ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA)
Produk Pop up merupakan salah satu media dibidang kreatif dari rekayasa
kertas yang sedang berkembang di Indonesia. Kreatifitas yang diberikan dalam
membuat Pop up, seperti kartu ucapan atau media lainnya menjadi faktor
pendukung dalam meningkatkan industri kreatif di Indonesia. Selain itu,
peningkatan industri kreatif tersebut juga mampu membuat Negara Indonesia
menjadi lebih percaya diri dalam keikutsertaannya di era Masyarakat Ekonomi
ASEAN (MEA). Atas dasar pemikiran tersebut, maka produk Pop up dapat
dirancang menggunakan konsep bisnis model kanvas yang difokuskan pada
elemen customer segmentation dan value proposition dengan metode action
research dan menggunakan dua tahapan pengujian, yaitu uji masalah dan uji
solusi. Ditentukan 30 responden untuk melakukan wawancara mengenai
pengujian masalah dan pengujian solusi terkait hal ini. Karena produk Pop up
sudah berkembang di masyarakat, maka banyak masyarakat yang mengetahui
bentuk ataupun kebutuhannya, seperti 100% atau 30 responden yang menyukai
produk Pop up dan menginginkan variasi produk selain Poppapolly card. Dalam
penulisan tugas akhir ini juga terdapat permasalahan-permasalahan dalam produk
Pop up yang menghasilkan solusi-solusi baru dari hasil pendapat dan saran para
responden. Berdasarkan hasil tersebut, didapatkan hasil akhir kanvas model bisnis
dan pembaruan-pembaruan pada customer segments dan value propositions yang
telah disesuaikan dengan pasar.
No other version available