Electronic Resource
Studi Implementasi Pemberdayaan Ekonomi Umat Berbsis Masjid Di Indonesia
Indonesia memiliki jumlah masjid terbanyak di dunia yaitu sebanyak 800.000
masjid. Salah satu fungsi masjid sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah
Shalallahu alaihi wassalam adalah sebagai pusat pemberdayaan ekonomi. Akan
tetapi, kegiatan pemberdayaan ekonomi berbasis masjid belum optimal.
Pengelolaan pemberdayaan ekonomi berbasis masjid yang optimal akan
berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat sehingga dapat memberantas
kemiskinan. Penelitian ini mencoba mengurai prioritas faktor-faktor yang menjadi
kendala pemberdayaan ekonomi umat berbasis masjid serta mengidentifikasi
solusi dan strategi kebijakan yang tepat untuk mengoptimalkan masjid dalam
pemberdayaan ekonomi dengan metode ANP. Hasil penelitian menunjukkan
terdapat empat permasalahan utama pemberdayaan ekonomi. Prioritas
permasalahan masjid yaitu kurangnya dukungan teknologi, permasalahan
masyarakat yaitu kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap lembaga masjid, dan permasalahan regulasi, kurangnya pengawasan terhadap legalitas di setiap
masjid. Maka, strategi yang menjadi prioritas utama adalah meningkatkan
pengawasan dan kebijakan pemerintah.
No other version available