Electronic Resource
Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Kasus:UMKM di Desa Tegal Waru)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media
sosial sebagai sarana komunikasi, media promosi dan sarana riset pada
keberhasilan usaha. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan verifikatif
dengan metode explanatory survey. Populasi dalam penelitian ini merupakan
pelaku usaha UMKM di Desa Tegal Waru, akan tetapi penulis juga menambahkan
reseller dan distributor produk dari UMKM Desa Tegal Waru. Jumlah data
sebanyak 109 reponden yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang
disebar melalui web, social media, dan dibagikan secara langsung. Teknik analisis
data dilakukan dengan metode Regresi Linear Berganda menggunakan aplikasi
atau software Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Versi 21.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial
sebagai media promosi memiliki nilai t hitung > t tabel (4,214 > 1,982) serta nilai
Sig. < 0,05 (0,000 < 0,05), dan sarana riset memiliki nilai t hitung > t tabel (2,661
> 1,982) serta nilai Sig. < 0,05 (0,009 < 0,05), maka kedua variabel tersebut
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha pada UMKM di
Desa Tegal Waru. Sedangkan dalam sarana komunikasi memiliki t hitung < t tabel
(1,029 < 1,982) serta nilai Sig. > 0,05 (0,306 > 0,05), maka sarana komunikasi
tidak berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha di Desa Tegal Waru.
Hasil dalam uji simultan menunjukkan bahwa media sosial sebagai sarana
komunikasi, media promosi dan sarana riset berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keberhasilan usaha pada UMKM di Desa Tegal Waru.
No other version available