Electronic Resource
Renvana Business Models Canvas Untuk Perencanaan Usaha Bisnis Diana Niqob dan Setelan Gamis Cadar
Indonesia merupakan salah satu negeri dengan penduduk mayoritas
muslim, memiliki harapan untuk menjadi kiblat fashion muslim dunia. Mimpi
tersebut tentu akan menjadi lebih baik jika tidak hanya menjadi sekedar kiblat
fashion muslim semata, tetapi fashion yang dikembangkan adalah tetap menjaga
dan mempertahankan nilai-nilai Islam sesuai dengan yang Al-Qur’an perintahkan.
Atribut dari fashion muslimah yang menjadi trend adalah kerudung atau hijab,
gamis syar’i bahkan cadar atau niqab. Di Indonesia masih banyak perempuan
muslim yang berkeinginan dan membutuhkan setelan gamis syar’i dan cadar yang
pada saat ini sedang berkembang pesat dan sudah tidak asing lagi dimata
masyarakat, namun dengan memperhatikan keindahan varian model dan
warnanya. Maka produk Diana Niqab hadir dan diharapkan dapat menjadi solusi
bagi masyarakat daerah pelosok Jailolo, Halmahera Barat Maluku Utara. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui customer segments, value propositions dan
potensi atau prospek yang tepat untuk pengembangan usaha Diana Niqab. Metode
yang digunakan adalah action research yaitu dengan melakukan wawancara dan
observasi lingkungan yang akan dipilih 30 responden untuk dilakukan wawancara
pengujian masalah dan pengujian solusi. Sehingga diketahui bahwa perempuan
muslim yang membutuhkan gamis setelan dan cadar dengan ragam model dan
warna. Kebutuhan konsumen pada produk Diana Niqab dapat disesuaikan dengan
usia, yaitu usia 13-17 tahun yang kebanyakan menyukai setelan gamis syar’i
paduan warna berlawanan dan soft, usia 18-25 tahun kebanyakan menyukai
paduan warna, model yang mengikuti trend dan usia 26-55 tahun kebanyakan
menyukai setelan gamis setelan bermotif yang mengikuti trend.
No other version available