Electronic Resource
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Malabar Mountain Café Bogor)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapabesar pengaruh
kualitas produk, kualitas pelayanan dan lokasi terhadap kepuasaan konsumen.
Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Accidental sampling
methode. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang pelanggan MM Café dan
kemudian dilakukan analisis terhadap data yanng diperoleh dengan menggunakan
analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi: uji
validasi dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian
hipotesis melalui uji t dan uji f, serta analisis koefisiensi determinasi (R2
). Analisis
kualitatif merupakan interpretasi dari data-data dalam penelitian serta hasil
pengolahan data yang sudah dilaksanakan dengan memberi keterangan dan
penjelasan. Data-data yang telah memenuhi uji validasi, uji reliabilitas, dan uji
asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut:
Y=1,058+0,414X1+0,09X2+0,028X3
Dimana variabel kepuasan konsumen (Y), variabel kualitas produk (X1), variabel
kualitas pelayanan (X2), dan variabel Lokasi (X3). Pengujian hipotesis
menggunakan uji t menunjukan bahwa ketiga variabel independen yang diteliti
terbukti secara signifikan berpengaruh secara parsial terhadap variabel dependen
kepuasan konsumen. Kemudian melalui uji f dapat diketahui bahwa ketiga
variabel independen yang diteliti secara simultan berpengaruh terhadap variabel
dependen kepuasan konsumen. Angka Adjusted R Square 0.626 menunjukan
bahwa 62.60 persen variabel kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh ketiga
variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 37,40 persen
dijelaskan oleh variabel lainya diluar ketiga variabel yang digunakan dalam
penelitian ini.
No other version available