Electronic Resource
Pengaruh Faktor Demografi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada SDIT Di Kota Bogor
Pertumbuhan SDIT di Indonesia termasuk Kota Bogor menjadi perhatian
orang tua muslim belakangan ini. Berbagai fenomena degradasi moral hingga
kurangnya pengajaran agama yang diperoleh pada jalur pendidikan umum
semakin meningkatkan motivasi orang tua untuk menyekolahkan anaknya di
SDIT. Persaingan antar sekolah terutama SDIT mendorong setiap instansi untuk
mematangkan strategi pemasaran guna menjaring lebih banyak konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor demografi terhadap
keputusan pembelian melalui komunikasi pemasaran terpadu. Penelitian
dilakukan di Kota Bogor. Variabel-variabel yang diteliti yaitu faktor demografi,
komunikasi pemasaran terpadu dan keputusan pembelian. Teknik analisis data
menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Berdasarkan hasil penelitian
diperoleh bahwa 1) Faktor demografi berpengaruh positif namun tidak signifikan
terhadap komunikasi pemasaran terpadu. 2) Faktor demografi berpengaruh positif
namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. 3) Komunikasi pemasaran
terpadu berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. 4)
Faktor demografi secara tidak langsung berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian melalui komunikasi pemasaran terpadu. Indikator
yang paling berpengaruh pada komunikasi pemasaran terpadu yaitu personal
selling (0.93), word of mouth (0.86), acara khusus dan pengalaman (0.85), serta
corporate design (0.83). Adapun alasan orang tua memilih SDIT di Kota Bogor
disebakan tingginya kebutuhan akan pendidikan agama Islam bagi anak mereka
serta rasa puas atas pengalaman yang telah diperoleh sebelumnya.
No other version available