Electronic Resource
Rancangan Model Bisnis Pada Produk Olahan Cokelat Berisi Talas
Chocotala adalah inovasi produk oleh-oleh dibidang kuliner atau makanan
ringan yang terbuat dari bahan baku cokelat compound dan juga bubuk talas. Lalu
kemudian diolah kembali dan dijadikan cokelat candy bar. Inovasi produk ini
dilatarbelakangi oleh tingginya kunjungan wisatawan yang datang ke Bogor dari
tahun ke tahun, dan tidak sedikit dari para wisatawan yang mencari serta membeli
produk-produk oleh-oleh khas dari Bogor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendapatkan model bisnis kanvas terbaik menggunakan penelitian kualitatif
dengan pendekatan metode riset aksi. Adapun pada penelitian ini penulis
melakukan penelitian dalam dua tahapan yaitu pengujian terhadap masalah (test
the problem) dan pengujian terhadap solusi (test the solution) untuk mendapatkan
model bisnis canvas akhir yang valid dan sudah terverifikasi, responden pada
penelitian ini adalah target pasar atau customer segment untuk produk ini, adapun
pada penelitian ini difokuskan pada dua blok customer segment dan value
proposition. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa customer segment untuk
Cokelat berisi talas Chocotala ini adalah wisatawan Bogor dan juga para warga
Bogor itu sendiri sedangkan untuk value proposition Alternatif Oleh-oleh dengan
harga terjangkau, Rasa yang unik, Produk pertama dengan olahan cokelat yang
berisi talas, Design Kemasan yang menarik dan juga Cokelat yang tidak mudah
meleleh.
No other version available