Electronic Resource
Analisa Model Bisnis Kanvas Pada Rencana Bisnis Coverbag "Thiscover"
Hujan menjadi salah satu fenomena yang berpengaruh terhadap aktifitas
masyarakat di Indonesia. Saat hujan, dibutuhkan perlindungan khusus
terhadap barang-barang yang kita miliki, salah satunya adalah tas.
Menggunakan pelindung tas merupakan langkah antisipasi menjaga kondisi
tas agar senantiasa aman dan tetap nyaman digunakan. Penggunaan cover bag
bisa menjadi alternatif yang digunakan untuk menutupi kerusakan pada tas,
seperti sobek pada jahitan, sablon yang terkelupas maupun warna yang sudah
memudar. Minimnya produsen yang memroduksi cover bag secara terpisah
menjadi dasar pembuatan rencana bisnis model kanvas ini. Rencana bisnis
model ini dibuat untuk mengukur kelayakan produk serta penetapan costumer
segment dan value proposition. Metode yang digunakan dalam penyusunan
model bisnis ini adalah metode action research dengan dua tahap pengujian
yakni uji masalah dan uji solusi. Setelah dilakukan dua kali pengujian dengan
wawancara kepada 60 responden, didapatkan hasil bahwa Costumer Segment
dari produk ini terbagi menjadi dua yakni End User (Pengendara Motor,
Penumpang Transportasi Umum, Pecinta Alam, Traveller, Anak Sekolah dan
Mahasiswa dengan rentang usia dari 17 – 45 tahun) dan Corporate. Adapun
Value Prposition dari produk ini adalah kostumisasi produk, harga, kualitas
bahan, originalitas desain dan quotes serta varian warna. Selain itu, produk
Cover Bag bisa menjadi inovasi baru sebagai sarana penyeragaman identitas
dan untuk dijadikan sebagai merchandise atau souvenir sebuah kegiatan.
No other version available