Electronic Resource
Determinan Shopping Opinion:Perspektif Klien dan Kantor Akuntan Publik
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetisi
pasar audit, ukuran klien, dan financial distress terhadap shopping opinion. Sampel
penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek
Indonesia, yang mencantumkan biaya audit periode tahun 2013-2017. Namun, data
yang digunakan dalam sampel penelitian ini periode 2016-2017. Karena data pada
tahun 2013-2015 tidak berdistribusi normal. Sampel yang digunakan sebanyak 76
Perusahaan Manufaktur yang didapat berdasarkan metode purposive sampling.
Untuk mengetahui pengaruh ketiga variabel tersebut terhadap kecenderungan
praktik shopping opinion, data diuji dengan menggunakan metode regresi logistik
biner karena variabel dependen merupakan skala nominal yang bersifat kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetisi pasar audit dan ukuran klien
tidak berpengaruh signifikan terhadap praktik shopping opinion. Kemudian,
financial distress berpengaruh positif signifikan terhadap kecenderungan
melakukan praktik shopping opinion. Sedangkan, hipotesis dalam penelitian ini
menyatakan bahwa financial distress berpengaruh negatif terhadap kecenderungan
praktik shopping opinion.
No other version available