Electronic Resource
Rencana Bisnis Model Kanvas Jasa Transportasi Dan Delivery Service Berbasis Online "Omjek" Di Cianjur Kota
Di Cianjur kota sejak 2016 yang dimana transportasi berbasis online mulai
masuk dan berjalan sejak datangnya OMJEK. Berbasis pada layanan dengan
menggunakan pemesanan melalui whatssapp dan memanfaatkan pemasaran
beberapa mediasosial, terlebih media instagram yang dimana customer segment
sangat banyak pengguna instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
rancangan bisnis model kanvas yang menitik beratkan pada customer segment dan
value proposition. Dan pengumpulan data menggunakan data primer yaitu data
penelitian yang diperoleh secara langsung dari sumber aslinya yang berupa
wawancara dan hasil observasi terhadap customer segment OMJEK di Cianjur
kota. Teknik analisa data dilakukan secara kualitatif dengan metode Action
Research dengan model canvas terhadap calon customer OMJEK.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Customer Segment di Cianjur kota
yang meliputi pelajar, karyawan/i dan ibu rumah tangga, sangat terbantu dengan
adanya layanan OMJEK ini berdasarkan uji masalah yang dimana konsumen
mengalami kesulitan dalam hal ketepatan waktu karena lambannya transportasi
umum beroperasi saat menunggu penumpang. Dan OMJEK memprioritaskan
ketepatan waktu, baik dalam penjemputan dan pengantaran. Hasil dari penelitian
mengenai Value proposition OMJEK yang memberikan kemudahan layanan
delivery service bagi customer segment terlebih pelajar, yang dimana segment
tersebut kesulitan untuk membeli makanan pada saat jam belajar padat, dan
karyawan/i yang kesulitan membeli makanan karena kesibukan kerja dan lainnya
No other version available