Electronic Resource
Rencana Bisnis Jas Kreatif Dengan Model Bisnis Kanvas
Fesyen merupakan istilah yang akrab dalam kehidupan sehari-hari. Kita
seringkali mengidentikkan fesyen dengan busana atau pakaian, padahal sebenarnya
yang dikatakan fesyen adalah segala sesuatu yang sedang tren dalam masyarakat.
Hal ini mencakup busana, selera makan, hiburan, barang-barang konsumsi dan lainlain. Dari ide tersebut maka bisnis jas kreatif ini menggunakan konsep model bisnis
kanvas yang difokuskan pada elemen customer segment dan value proposition
dengan metode action research dan menggunakan dua tahapan pengujian, yaitu uji
masalah dan uji solusi terhadap 30 responden dengan melakukan wawancara
mengenai permasalahan yang dirasakan dan mengajukan solusi untuk menjawab
permasalahan tersebut. Hasil analisis data menunjukkan bahwa segmen Mikah’s
Tailor and Clothing adalah karyawan dan wirausaha, usia dri 20-50 tahun. Value
proposition bisnis jas kreatif ini adalah inovasi yang menggabungkan antara jas
yang lebih cenderung ke budaya barat untuk acara formal dan batik sebagai budaya
Indonesia. Konsumen juga bisa mendesain jas mereka sendiri dengan kualitas yang
bagus. Hasil analisis menunjukkan bahwa bisnis ini layak untuk dilanjutkan
No other version available