Text
Rencana Bisnis Restoran Dasar Tumbuhan Celery'sjo Dengan Analisa Bisnis Model Kanvas (Plant-Based Restaurant)
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisa model
bisnis pada plant-based restaurant Celery's Jo dengan menggunakan analisis
model bisnis kanvas yang terfokus pada 2 dari 9 elemen model bisnis kanvas,
yaitu elemen segmentasi pelanggan (customer segment) dan proporsi nilai (value
proposition). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian tindakan (action research) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian
dilakukan melalui dua tahap, yaitu pengujian terhadap masalah dan pengujian
terhadap solusi yang diberikan kepada 30 orang responden.
Hasil dari penelitian ini adalah Segmen pelanggan (customer segment)
Celery’s Jo yang merupakan pecinta makanan a la western, dalam hal ini comfort
food, dan makanan sehat yang terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok
pekerja, pelajar atau mahasiswa, dan keluarga. Nilai yang ditawarkan oleh
restoran makanan sehat Celery’s Jo kepada responden mendapatkan respon cukup
positif, karena 86% orang menunjukkan minat terhadap bahan dasar yang
digunakan oleh Celery’s Jo, yaitu bahan 100% nabati untuk kreasi masakan
comfort food. Dan 83% menunjukkan minat terhadap konsep restoran Celery’s Jo,
restoran makanan sehat ramah vegetarian dengan dekorasi minimalis dan natural.
Hasil tes uji solusi pada elemen customer segmentation dan value proposition
adalah valid
No other version available