Electronic Resource
Rencana Bisnis D-Talang (Produk Ikan Talang) Dengan Analisa Bisnis Model Kanvas
Perairan laut merupakan salah satu wilayah yang sangat potensial dengan
berbagai jenis komuditas yang dihasilkannya. Menurut Menteri coordinator
bidang kemaritiman Luhur Binsar Pandjaitan menyampaikan bahwa luas total
perairan Indonesia 6,4 juta km dengan Panjang garis pantai 108 ribu km dalam
mengoptimalkan sumber daya kelautan yaitu perikanan. Hal ini mendorong
penulis untuk melakukan penelitian dalam pengendalian potensi “bisnis D-Talang
(produk ikan talang)” yang akan dianalisa dengan binis model kanvas. Bisnis
model kanvas ini menggunakan metode action research untuk mengetahui potensi
pasar terutama pada customer segment dan value proposition. Dari metode yang
digunakan adalah dengan cara in depth interview. Berdasarkan penelitian terhadap
30 responden sebagai sampel dari calon konsumen potensial binsnis D-Talang,
didapatkan kesimpulan bahwa customer segment yang tepat untuk binis D-Talang
yaitu Masyarakat Pondok (pesantren/asrama), individu berusia 20 tahun dengan
penghasilan Rp 1.000.000 per bulan. Dan value proposition yang tepat untuk binis
D-Talang yaitu produk peraktis cepat saji dengan memberikan informasi nilai gizi
dan protein dalam kemasan yang memiki varian rasa dan memiliki standarisasi
pengolahan dalam pembuatan khas D-Talang
No other version available