Electronic Resource
Analisis Model Bisnis Kanvas Pada Rencana Bisnis Crakers Buah Naga "Crasebuna"
Penelitian ini bertujuan untuk 1) menemukan Customer Segment yang tepat, dan
2) untuk menetapkan Value Proposition yang tepat pada produk crakers buah naga
Crasebuna.
Metode yang digunakan dalam penyusunan model bisnis ini adalah metode Action
Research dengan dua tahap pengujian yaitu tahap uji masalah dan uji solusi.
Untuk mendapatkan data dilakukan wawancara dengan 30 responden dengan
klasifikasi responden sebagai Mahasiswa, Ibu Rumah Tangga, dan Pekerja Kantor
atau Karyawan, setiap klasifikasi masing-masing 10 responden.
Berdasarkan ekstraksi model awal Customer Segment dari produk crakers buah
naga adalah Laki-laki atau Perempuan usia 16 – 60 tahun yang berstatus
Mahasiswa, Ibu Rumah Tangga dan Pekerja Kantor atau Karyawan. Value
Proposition dari produk crakers buah naga adalah tanpa pengawet, bebas pewarna
makanan, memiliki warna menarik serta tanpa MSG. Setelah dilakukan dua kali
tahap pengujian terjadi perubahan pada keduanya, yaitu Customer Segment Ibu
Rumah Tangga dengan usia 20 – 50 tahun yang memiliki anak usia 2 – 15 tahun,
Pekerja Kantor atau Karyawan dengan usia 20 – 50 tahun yang gemar
mengkonsumsi camilan serta Mahasiswa. Value Proposition produk ini menjadi
Crakers homemade dengan campuran buah naga, menggunakan bahan-bahan yang
alami; pewarna buah asli, tanpa perisa sintetik (ex: MSG), memiliki warna yang
menarik serta menggunakan pengawet alami (garam dan gula).
No other version available