Electronic Resource
Rencana Bisnis Distro Minang "Mancik Gurun" Dengan Analisa Model Kanvas
Distro merupakan sebuah inovasi pada industri fashion. Hal yang mendasari
untuk dikembangkan produknya ini adalah perkembangan jumlah konsumen distro
yang berdomisili di kota padang. Oleh karena itu dibuat suatu kanvas model bisnis
untuk mengetahui kelayakan produk distro tersebut, terutama dalam menentukan
customer segment dan value proposition yang tepat. Rencana model bisnis ini
menggunakan metode action research dengan pendekatan customer discovery.
Terdapat dua tahapan utama dalam model bisnis ini yaitu pengujian permasalaha,
80% atau 32 dari 40 orang responden ditentukan sebagai konsumen potensial distro
minang. Selain itu terdapat bebetapa permasalahan dalam distro. Untuk mengatasi
permasalahan-permasalahan tersebut, beberapa sulusi ditawarkan kepada konsumen
potensial sehinggga mereka memberikan pendapat dan Sarannya. Para konsumen
menyatakan bahwa mereka tertarik untuk membeli produk tersebut. Berdasarkan
hasil tersebut, didapatkan hasil akhir kanvas model bisnis ,terutama pembaharuan
pada Customer segment sebagai berikut Masyarakat bukittinggi usia 12- 40 Tahun,
Online shopper, Kelompok Remaja, Wisatawan, Perusahaan, Yang berpendapatan
Rp.2000.000 – Rp.3000.000 dan value proposition sebagai berikut berikut: Variasi
Sablon mengunakan unsur daerah, Kualitas Bahan dan jahitan baik , varian Warna
Yang Banyak, Harga yang Terjangkau, Ukuran yang Lengkap, penjualan media
online Facebook dan Shoppe, dan juga Packaging yang manarik dan ramah
lingkungan.
No other version available