Electronic Resource
Rencana Bisnis Dalam Industri Kreatif Pada Produk Tas Decoupage
Seiring dengan perkembangan zaman saat ini dunia seni dan craft
Decoupage sudah mulai dikenal masyarakat Indonesia.Dunia seni dan craft
Decoupage di Indonesia sangat diminati oleh berbagai kalangan. Decoupage
merupakan hasil daur ulang daun pandan menjadi sesuatu yang unik yang dapat
menciptakan gaya yang modern agar terlihat menawan. Hal ini mendorong penuli
suntuk melakukan penelitian rencana bisnis industry kreatif “Tas Decoupage’’
yang akan dianalisis dengan bisnis model kanvas.
Bisnis model kanvas ini menggunakan metode action research untuk
mengetahui potensi pasar terutama pada customer segment dan value
propositions.dari yang digunakan tersebut, instrument yang di gunakan adalah
dengan cara in depth interview.
Berdasarkan penelitian terhadap 30 responden. Di dapatkan kesimpulan
bahwa customer segment yang tepat untuk tas Decoupageya itu, ibu-ibu, remaja,
pegawai, dan mahasiswa. Value proposition yang tepat untuk tas decoupage ialah
peluang usaha besar, produk yang berkualitas, custom, garansi produk, kerajinan
tangan yang kreatif dan vintage, desainnya bagus dan unik, serta kemasan ramah
lingkungan. Key partners untuk tas decoupage ialah supplier clutch pandan, jasa
ekspedisi (JNE), endorsement seleb gram (artisinstagram). Pemasaran produk ini
melalui media social seperti Whatsapp, Line, Instagram, Facebook, website
dantoko.
No other version available