Electronic Resource
Rencana Bisnis Makanan Ringan "Pangsit Sayur" Dengan Analisa Bisnis Model Kanvas
Produk Pangsit Sayur merupakan salah satu usaha yang bergerak dibidang
kuliner. Tujuannya adalah untuk mempermudah konsumen dalam mengkonsumsi
makanan ringan yang sehat. Rencana bisnis ini juga dibutuhkan strategi-strategi
yang mampu bersaing di pasar dan berkembang menjadi besar dan luas. Hal inilah
yang mendasari penulis untuk membangun produk Pangsit Sayur. Oleh karena itu
dibuatlah suatu model bisnis kanvas untuk mengukur kelayakan produk tersebut,
terutama dalam menentukan customer segment dan value proposition yang tepat.
Bisnis model kanvas ini menggunakan metode action research untuk
mengetahui potensi pasar terutama pada customer segments dan value propositions.
Dari metode yang digunakan tersebut, instrument yang digunakan adalah dengan
cara in depth interview.
Berdasarkan penelitian terhadap 30 responden sebagai sampel dari calon
konsumen potensial bisnis makanan ringan Pangsit Sayur, didapatkan kesimpulan
bahwa customer segment yang tepat untuk pangsit sayur yaitu, mahasiswa,
wirausaha, wiraswasta, dan ibu rumah tangga. Dan, value proposition yang tepat
untuk bisnis makanan ringan pangsit sayur yaitu, unik, Non MSG, tanpa bahan
pengawet, menggunakan kemasan ziper lock, pencantuman label halal, tanggal
expired atau kadaluarsa dan penambahan varian rasa.
No other version available