Electronic Resource
Rencana Bisnis Air Tour and Travel dengan Analisis Bisnis Model Kanvas
Masyarakat Indonesia semakin menjadikan kegiatan wisata baik itu
berwisata ke dalam maupun ke luar negeri sebagai salah satu tren yang harus
dipenuhi. Wisata halal pun tidak kalah menarik. Wisata halal Indonesia mengalami
kenaikan yang signifikan dalam setahun terakhir. Hal ini mendorong penulis untuk
melakukan penelitian rencana halal travel “AIR Tour and Travel” yang akan
dianalisa dengan bisnis model kanvas.
Bisnis model kanvas ini menggunakan metode action research untuk
mengetahui potensi pasar terutama pada customer segments dan value propositions.
Dari metode yang digunakan tersebut, instrument yang digunakan adalah dengan
cara in depth interview.
Berdasarkan penelitian terhadap 30 responden sebagai sampel dari calon
konsumen potensial bisnis AIR Tour and Travel, didapatkan kesimpulan bahwa
customer segment yang tepat untuk AIR Tour and Travel yaitu, Keluarga inti
menengah ke atas, Individu berusia ≥ 20 tahun dengan penghasilan ≥ Rp 3.000.000
per bulan, dan Perusahaan dengan banyak karyawan beragama islam. Dan, Value
Proposition yang tepat untuk bisnis AIR Tour and Travel yaitu Halal Tour and
Travel; Service yang konsisten dengan label halal travel dan bertanggung jawab;
Diberi cukup waktu untuk kegiatan one masjid one package; Pembacaan do’a
sebelum bepergian; dan Virtual guide yang memudahkan.
No other version available