Electronic Resource
Rencana Bisnis Bumbu Empal Gentong "Bumbu Dapur Bu Ade" Dengan Analisis Bisnis Model Kanvas
Bumbu dapur merupakan sebuah bahan utama dalam setiap masakan. Terdiri dari
berbagai rempah-rempah yang kemudian diolah atau dihaluskan sebagai rasa-rasa
dalam makanan. Manfaatnya adalah menaikkah cita rasa dan menjadikannya ciri
khas sebuah makanan. Hal ini menjadikan bumbu dapur merupakan kebutuhan bagi
konsumen khususnya orang-orang yang selalu di dapur. Kebutuhan makanan
tersebut kini menjadi hal yang patut dipertimbangkan bagi masyarakat Indonesia.
Dalam hal ini Bumbu Dapur Bu Ade hadir sebagai solusi dari masalah masyarakat.
Banyak konsumen yang menghindari penggunaan bahan pengawet. Serta
konsumen menginginkan keaslian cita rasa yang kuat dan enak dari sebuah
makanan khas. Dalam penelitian model bisnis kanvas ini, Bumbu Dapur Bu Ade
memiliki fokus terhadap 2 objek penelitian yaitu customer segments dan value
propositions. Menggunakan metode action research dan pendekatan kualitatif,
penelitian dilakukan melalui dua tahap pengujian yaitu uji masalah dan uji solusi,
dengan melakukan wawancara dan juga penawaran solusi kepada 30 responden.
Berdasarkan pengujian masalah dan pengujian solusi, hasil yang diperoleh yaitu
penetapan model bisnis baru pada komponen customer segments, value
propositions, dan pembaharuan komponen revenue streams. Customer segments
terdiri dari ibu rumah tangga berusia 21 – 60 tahun yang bekerja atau berwirausaha
dan perempuan yang bekerja atau wirausaha yang belum menikah usia 21 – 30
tahun. Value proposition Bumbu Dapur Bu Ade antara lain: Bumbu rempah basah
yang memiliki cita rasa asli Cirebon yang enak, praktis dan mudah dalam
pembuatan, higienis dan tanpa bahan pengawet, Halal.
No other version available