Electronic Resource
Persepsi Muslim Jabodetabek Mengenai Uang Elektronik (Unik) Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Unik Berbasis Server
Teknologi semakin berkembang seiring dengaan perkembangan zaman, inoasi
tersebut sudah merambat kedalam perekonomian yakni dalam bidang keuangan.
Namun dalam perkembangan ini tidak luput dari timbulnya risiko, cara
menghadapinya dilakukan dengan cara yang berbeda tergantung pada persepsi
setiap individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara persepsi
syariah, persepsi atribut produk, dan persepsi risiko terhadap minat menggunakan
aplikasi uang elektronik berbasis server.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan
menyebarkan kuesioner kepada responden. Populasi yang digunakan dalam
penelitian ini sebanyak 27.025.316 orang dengan karakteristik masyarakat muslim
pengguna aplikasi uang elektroni berbasis server. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 400 responden dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan cluster
sampling.
Dengan menggunakan path analysis hasil penelitian menunjukkan bahwa
tingkat persepsi syariah berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat
menggunakan aplikasi uang elektronik berbasis server. Pengaruh persepsi atribut
produk dan persepsi risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat
menggunakan aplikasi uang elektronik berbasis server. Kemudian pengaruh
persepsi syariah berpengaruh positif signifikan terhadap persepsi atribut produk dan
persepsi risiko.
No other version available