Electronic Resource
Analisa Bisnis Model Kanvas Pada Rencana Bisnis "Sederhana Bumbu Padang"
Masakan Padang yang Pedas dan rasa yang kaya rempah menjadi bagian dari
kuliner Indonesia. Indonesia merupakan Negara yang kaya akan tumbuhannya
terutama keragaman rempah-rempah yang biasa digunakan untuk bumbu masakan.
Pada tahun 2016 Indonesia berada pada peringkat keempat terbesar di dunia sebagai
negara penghasil rempah-rempah dengan total produksi 113.649 ton dan total
eskpornya mencapai USD 652,3 juta. Perubahan hidup masyarakat yang semakin
maju, merubah kehidupan masyarakat yang menginginkan segala sesuatu dengan
mudah dan singkat. Jumlah rata-rata pertumbuhan konsumsi rempah bumbu masak
siap pakai atau kemasan pada statistik Konsumsi Pangan mengalami peningkatan
dari tahun 2011 hingga 2015 sebesar 11,18%. Rencana bisnis model kanvas pada
Sederhana Bumbu Padang ini dibuat untuk mengukur kelayakan produk serta
penetapan Customer Segment dan Value Propositions. Metode yang digunakan
dalam penyusunan model bisnis ini adalah metode action research dengan dua
tahap pengujian yaitu uji masalah dan uji solusi. Setelah dilakukan dua kali
pengujian dengan wawancara mendalam kepada 30 responden, didapatkan hasil
bahwa Customer Segment dari produk ini adalah ibu rumah tangga dan wanita
bekerja dengan usia ≥21-55 Tahun, penyuka masakan Padang dan perantau yang
berada di luar negeri. Value Proposition produk ini adalah citarasa otentik masakan
Padang, higienis tanpa penyedap pengawet, memiliki izin PIRT, sertifikat halal
MUI, varian bumbu, disertai rempah keyring sebagai pelengkap, resep petunjuk
penggunaan serta tips dan packaging go green (menggunakan botol kaca).
No other version available