Electronic Resource
Analisa Bisnis Model Kanvas Terhadap Produk Kue Pukis Sob
Kue tradisional merupakan kue yang sudah ada pada zaman dahulu namun
permintaan masyarakat yang semakin sedikit pada zaman sekarang, sehingga
banyak kue tradisional yang tertinggal dan kalah bersaing dengan olahan kue pada
saat ini. Maka dari itu kue tradisional pukis diinovasikan lagi menjadi kue yang
lebih banyak varian rasanya agar banyak masyarakat yang lebih tertarik untuk
mengkonsumsinya. Rencana bisnis model ini dibuat untuk mengukur kelayakan
produk serta penerapan customer segment dan value proposition. Metode yang
digunakan dalam penyusunan model bisnis ini adalah metode action research
dengan tahap pengujian yakni uji masalah dan uji solusi. Setelah dilakukan
pengujian dengan wawancara kepada 30 responden, didapatkan hasil bahwa
customer segment nya dalah mahasiswa dengan penghasilan > Rp. 1.000.000
perbulan, laki-laki dan wanita usia 40-50 tahun dengan penghasilan diatas Rp.
3.000.000, Ibu Rumah tangga. Adapun Value Proposition kue pukis sob adalah
kue pukis dengan banyak varian rasa seperti pukis rasa coklat, pukis rasa keju,
pukis rasa matcha dan lainnya, konsumen dapat menikmati kue pukis dengan
banyak rasa, sehingga bukan rasa original saja yang bisa dinikmati tapi varian rasa
lainnya. Kemasan dari kertas ivori yang unik yaitu kemasan yang responden
inginkan pada tahap pengujian masalah. Label halal pada kemasan merupakan
suatu hal penting yang menjadi pertimbangan konsumen dalam mengambil
keputusan pembelian sehingga penulis menambah label halal pada element value
proposition dimana belum ditetapkan pada rancangan bisnis sebelumnya.
No other version available